Friday, March 07, 2014

Merapikan Surat dengan Tabulasi di Libre Office Writer Blankon Suroboyo

Blog Andik Rasida| Postingan Kali ini adalah Merapikan Surat dengan Tabulasi di Libre Office Writer Blankon Suroboyo. Membuat surat adalah pekerjaan sehari-hari para pegawai perkantoran, khususnya sekretaris desa. Namun karena ketidak tahuan kadang kala menyebabkan hal yang mudah itu menjadi sesuatu hal yang sulit. 

Hal ini terjadi manakala alat pembuat yang anda gunakan berbeda dengan kebiasaan sehari-hari anda, yaitu yang awal mulanya anda menggunakan Microsoft Office Word, lalu kemudian anda menggunakan Libre Office Writer.
Sesuai dengan judul Merapikan Surat dengan Tabulasi di Libre Office Writer Blankon Suroboyo, maka saya akan membuat petunjuk tentang bagaimana cara Merapikan Surat dengan Tabulasi di Libre Office Writer Blankon Suroboyo.

Sebelum memulai alangkah baiknya anda memahami dahulu apa tabulasi itu. Tabulasi (TAB) adalah alat pengatur jarak antara kata, yang biasanya melekat dengan penggaris di libre Office Writer.
Tabulasi di Libre Office Writer itu terdiri dari Rata Kiri, Rata Kana, Desimal dan Tengah, seperti gambar ini.
Menu Tabulasi

Selanjutnya bagaimana menggunakan tabulasi di Libre Office Writer tersebut? Adapun cara menggunakan Tabulasi di Libre Office Writer adalah sebagai berikut:
  1. Buka Libre Office Writer anda.
  2. Buka file yang ingin anda edit atau buat lembar kerja baru, yang dalam tutorial ini saya sudah menyiapkan file untuk di rapikan.
    Surat yang akan di rapikan dengan Tabulasi
  3. Saya akan merapikan keterangan Hari/Tanggal, Waktu, Tempat, Pakaian, dan acara.
    Surat Ketikan masih Kacau
  4. Pada awalnya bentuk ketikan tidak rapi, dan untuk merapikan caranya adalah blog semua tulisan yang ingin di rapikan, kemudian silahkan klik di penggaris yang pada contoh kali ini pada posisi 6,5 cm. Setelah anda klik tabulasi rata kiri pada penggaris (6,5cm) dengan sendirinya tabulasi anda akan mengatur otomatis dengan syarat anda telah menekan tab pada awal pembuatan ketikan anda, dan hasilnya menjadi rapi seperti gambar berikut.
    Ketikan Surat yang sudah dirapikan dengan Tabulasi
  5. Kemudia saya akan merapikan ketikan keterangan tanggal pembuatan surat, dan tanda tangan
    ketikan surat yang tidak rapi
  6. Pada awalnya seperti gambar di atas ketikannya tidak rapi sama sekali. Adapun cara merapikannya adalah, blog semua ketikan yang ingin di rapikan, kemudian silahkan klik penggaris yang pada contoh ini saya membuat tabulasi di penggaris posisi 10,1 cm dan akhirnya rapi seperti gambar di bawah ini.
    Surat sudah di rapikan dengan tabulasi
Demikian Cara Merapikan Surat dengan Tabulasi di Libre Office Writer Blankon Suroboyo

Apabila ada kesalahan didalam membuat tulisan ini, harap di maklumi. Selamat mencoba dan semoga ada manfaatnya.

Posted by: Nama Blog Tutorial Ngeblog,Informasi Komputer dan Gadget, Updated at: 7:41 AM

0 komentar:

Post a Comment

Etika berkomentar:
1.No Porno
2.No Gambling
3. No Sara
4. Tidak menulis link hidup di Komentar.