Friday, February 21, 2014

Cara Melacak dan Mengunci Ponsel Android yang Hilang dengan Android Device Manager

Blog Andik Rasida| Melanjutkan postingan yang lalu yaitu Cara Melacak Samsung Android yang Hilang, sekaran saya akan memposting Cara Melacak dan Mengunci Ponsel Android yang Hilang dengan Android Device Manager

Google Device Manager alat yang dibuat google untuk mengatur android, mulai dari mencari keberadaan android anda, mengunci android anda dan menghapus data-data penting pada android anda yang hilang
Hal ini sangat berguna dan memudahkan bagi para pengguna android untuk mengelola android mereka, dan mencegah dari tindak kejahatan pencurian.

Sebelum anda kehilangan Ponsel Android anda, silahkan setting android anda agar bisa di lacak. Adapun cara settingnya adalah:
  1. Buka  Setelan Google dari menu aplikasi perangkat Anda, biasanya tandanya seperti huruf g dan gir roda, seperti gambar ini.
  2. Silahkan setuh atau klik gambar no 1 tersebut, maka anda dapat mengatur:

  • Temukan perangkat ini dari jarak jauh. Perlu diketahui apabila perangkat android anda versi 4.1 dan lebih tinggi, akses lokasi juga harus diaktifkan. Untuk mengaktifkannya, buka Setelan Google > Lokasi > Akses lokasi.
  • Izinkan penguncian dan pengembalian ke setelan pabrik dari jarak jauh. Untuk opsi ini anda dapat mengunci android anda dan menghapus semua data yang ada di dalamnya. Anda juga dapat mengubah kode pas layar kunci android anda. Silahkan pilih pilihan pengaturan ini, lalu pilih Aktifkan untuk mengaktifkan administrator perangkat.
Apabila anda telah mensetting ponsel android anda seperti penjelasan diatas, maka android anda sudah siap untuk dilacak keberadaannya dengan android device manager.
Adapun langkah berikutnya adalah bagaimana cara menggunakan Device Manager tersebut? Simak penjelasan  dibawah ini:
  1. Buka dengan browser anda dan ketikan alamat : https://www.google.com/android/devicemanager.
  2. Silahkan login dengan akun google yang sama dengan akun google yang ada pada ponsel android anda yang hilang.
  3. Setelah anda login dan anda baru pertama kali menggunakan google device manager ini anda akan disuguhi menu selamat datang, seperti gambar di bawah ini.
    Cara Melacak dan Mengunci Ponsel Android yang Hilang dengan Android Device Manager
  4. Silahkan Klik terima.
  5. Selanjutnya anda akan diarahkan kepada menu di sebelah kiri seperti gambar dibawah ini.
  6. Gambar diatas menjelaskan bahwa android anda GT P3100, dan sedang aktif dan penjelasan keberadaannya dijelaskan dengan detil.
  7. Gambar no.5 juga menjelaskan (yang ditandai dengan kotak merah) anda bisa menderingkan ponsel android anda, anda juga bisa mengunci ponsel android anda, dan anda juga bisa mengapus data pada ponsel android anda yang hilang.
  8. Langkah selanjutnya, karena anda sudah yakin bahwa ponsel android anda hilang, maka kunci ponsel android anda dengan memilih menu Kunci.
  9. Penjelasan gambar di atas, anda bisa mengganti sandi baru untuk ponsel android anda yang hilang agar tidak bisa di buka oleh si pemegang ponsel android anda yang hilang dan anda juga bisa mengirimkan pesan kepada si pencuri untuk mengembalikan atau mengubungi pemilik ponsel android yang diketemukannya, serta andalah pemilik ponsel tersebut.
  10. Setelah form pada gambar no. 8 di isi, silahkan klik kunci. Al hasil ponsel anda yang hilang tersebut akan terkunci dengan sendirinya.
  11. Langkah selanjutnya adalah mendekati tempat lokasi  keberadaan ponsel android anda yang hilang tersebut , seperti  disebutkan oleh device manager lalu deringkan  ponsel android anda yang hilang tersebut dengan memilih menu deringkan.
  12. Setelah anda mengklik menu deringkan otomatis berbunyilah ponsel android anda yang hilang tersebut, walaupun pada posisi silent.
  13. Langkah terahir apabila ada data penting yang ada di ponsel android anda yang hilang tersebut, maka hapus saja datanya dengan cara memilih menu hapus.
Demikian cara melacak dan mengunci ponsel Android yang hilang dengan android device Manager , semoga bermanfaat bagi kita semua.

Tunggu postingan berikutnya Cara mengunci, mengubungi pemilik ponsel android yang hilang lewat sms

Catatan: cara ini di coba pada kondisi gps,wifi dan akses internet aktif.
Posted by: Nama Blog Tutorial Ngeblog,Informasi Komputer dan Gadget, Updated at: 8:00 AM

5 komentar:

  1. cara menonaktifkan sandinya gimana gan

    ReplyDelete
  2. di laptop saya tidak ada pilihan hapus data. solusinya gimana? mohon dibantu

    ReplyDelete
  3. Setelah dikunci dan hp ketemu, bisa di unlock gak? Datanya gimana hilang gak?

    ReplyDelete
  4. Setelah hp saya ketemu, malah aplikasi yang saya download tidak bisa tampil ya, dan mau ku install ulang gak bisa.

    ReplyDelete
  5. terus cara unlocknya gimana mas?
    hape temen saya pakai fitur ini kebetulan dicuri orang dan sekarang sudah kembali lagi.. tapi saya nggak ngerti cara unlocknya biar handphonenya bisa dipakai kembali mas. terima kasih

    ReplyDelete

Etika berkomentar:
1.No Porno
2.No Gambling
3. No Sara
4. Tidak menulis link hidup di Komentar.